10.10.17

sumodisastro

Napak Tilas Al Fatih, Kembara Kebumen 4


Karena itu ada beberapa pelajaran yang kami dapatkan dari simulasi ini:

5. Ukhuwah adalah Value Kita

Apa yang menggerakkan hingga terjadilah mobilisasi itu namanya hati. Adanya kesepahaman pikiran, adanya kesatuan pemahaman dan keterikatan ideologi. Keterikatan persaudaraan. _Brotherhood._ Aktivitas kita mengajarkan ini. Saling mengenal, saling memahami,  bersama dan berbagi. Itulah mesin penggerak yang paling inti.

Perjalanan ini mengajarkan kami tentang ini semua. Makanan yang tidak seberapa dinikmati bersama. Berbagi air walau hanya sekedar membasahi kerongkongan juga kita kita jalani bersama. Lapar, haus, jalan, bergandengan atau harus ada yang dipapah karena kepayahan, ya dijalani bersama. Inilah nilai-nilai inti (core value) sebuah perjuangan yang harus ditanamkan dalam setiap jiwa. Dan kami dapat merasakan ini selama Kembara.

6. Beginilah Tarbiyah Mengajarkan Kita

Kembara, mungkin hanya kemah biasa. Namun menjadi istimewa karena ada ruh perjuangan disana. Menahan lapar mungkin suatu hal yang biasa, namun sambil berjalan puluhan kilometer melalui lembah, bukit, rawa, ladang dan hutan tentu butuh komitmen yang luar biasa. Inilah sarana tarbiyah kita. Disinilah kita ditempa, fisik, mental dan kekuatan jiwa. 

Kembara menjadi bukan kemah biasa, karena disinilah kita berlatih bersama untuk sebuah misi besar, menjadi kontributor peradaban bangsa, bahkan dunia.

Kembara menjadi bukan kemah biasa, disini kita memupuk cinta pada tanah air dan bangsa. Ketika bendera kebanggaan kita kibarkan, kecintaan pada NKRI adalah harga final, di Kembara ini kita memupuk kecintaan hakiki pada bumi pertiwi nusantara. Pengarahan dari aparat kepolisian dan latihan bersama para tentara memberi kesadaran bahwa kita bangsa yang perkasa. Kita kuat jika terus bersama.

Kembara menjadi bukan kemah biasa, disana ada persaudaraan, disana ada pengorbanan, disana ada kebersamaan, disana ada beebagai pelajaran, disana ada pengalaman, disana ada khidmat dan pengabdian, disana ada cinta.


Sampai jumpa di Kembara berikutnya.

_-JS-103-_
Kembara Menengah 1, Laguna, Kebumen

Habis.

sumodisastro

About sumodisastro -

Humas DPD PKS Kab Kudus

Subscribe to this Blog via Email :