10.10.17

sumodisastro

Napak Tilas Al Fatih, Kembara Kebumen 3


Karena itu ada beberapa pelajaran yang kami dapatkan dari simulasi ini:

3. Manajemen Sumber Daya

Ada banyak sumber daya yang harus dikelola. Logistik, perlengkapan perang, senjata, termasuk perlengkapan rahasia yang menjadi bagian dari strategi perang. Kendaraan dan juga peralatan komunikasi. Bayangkan 250 ribu pasukan bergerak dalam waktu 2 bulan, berapa sumber daya yang dibutuhkan.

Kami hanya dalam hitungan ribuan, hanya 3 hari dan 2 malam. Tapi sisinilah kami belajar memahami, mengerti dan mengelola sumberdaya yang harus dikelola dengan sebaik-baiknya. Efektif juga efisien. 

Dalam simulasi survival, kami belajar mencari sumber air, mencari bahan makanan, mengolahnya, menjaga peralatan, perlengkapan bivak, perlindungan diri dari hujan, teriknya panas dan juga bahaya dari luar. Dan banyak lagi sumberdaya yang harus dikelola. 

Pertama kami datang, dompet dan alat komunikasi kami dikumpulkan oleh panitia. Bekal makanan dikumpulkan. Minuman seadanya. Dan setelah itu kami harus latihan survival hingga 3 hari ke depan. Menyenangkan. Tentu saja. Berkesan. Pasti. Namun ada ibroh yang kami pelajari. Simulasi ini membawa kami pada kisah perjalanan misi suci Sang Penakluk dan pasukannya...

4. Manajemen Informasi

Bahwa harus ada distribusi informasi yang valid dan terstruktur agar efektif itu pasti. Bagaimana, di zaman itu, mungkin belum ada _sound system_, belum ada alat komunikasi secanggih sekarang, namun saat itu informasi bisa terdistribusi dengan cepat, tepat dan pasti. Tentu perlu manajemen informasi yang rapi. Dua ratus lima puluh ribu orang itu jika dibentangkan jaraknya mencapai ratusan kilometer dari ujung ke tepi. Bayangkan bagaimana pentingnya sebuah  sistem informasi.

Saat ini, penetrasi media sungguh luar biasa. Manajemen informasi harus ditata. _Amniyah_ harus dijaga. "Kitman" harus terus diajarkan dan dijalankan. Distribusi informasi harus disusun rapi. Jangan ikut-ikutan menyebar informasi tanpa "sanad" yang pasti. Instruksi dan bayan hanya dari struktur dan tervalidasi. Begitulah Kembara mengajarkan kami.

Lanjut baca Napak Tilas 4


_-JS-103-_
Kembara Menengah 1, Laguna, Kebumen

sumodisastro

About sumodisastro -

Humas DPD PKS Kab Kudus

Subscribe to this Blog via Email :