21.2.14

PKS Kudus

Tinjauan Fiqih Seputar Mars PKS oleh Paduan Suara Gereja


Oleh Ustadz Shalahuddin Daeng Nyala, Lc

Assalamu alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

Berikut ini adalah pendapat pribadi terkait Mars PKS di NTT, bukan pendapat resmi, kebetulan ada yg mempertanyakan, silakan dikoreksi kalau ada yang mau koreksi:

1. Tidak ada masalah dalam hal menerima atau diterima sebagai tamu oleh orang nasrani.

2. Wajar kalau kebanyakan yang menyambut (walau tidak semuanya) adalah orang nasrani karena di NTT populasi mereka skitar 4,1 jt orang kristen atau sekitar 89 % sementara umat Islam hanya sekitar 9,6 %.

3. Sambutan yg disertai senandung Mars PKS ini, bukan di dalam gereja tapi di Ruang (Auditorium) Kalimutu Grand Wisata Hotel, NTT.. jadi bukan di gereja.. tentu saja di hotel orang bebas keluar masuk, atau sambut menyambut, baik kristen maupun muslim.

4. Kalaupun itu di gereja.. tidak ada larangan berkunjung ke gereja, untuk berdialog dengan pendeta, selama kita juga yakin bahwa kita tidak akan tergoda oleh keyakinan mereka. Bahkan sebagian sahabat ada yg pernah masuk ke gereja dan berdialog dengan pendeta, bahkan ada riwayat bahwa ada sebagian sahabat yg sempat shalat di dalam gereja. Sebagaimana orang-orang nasrani boleh masuk ke dalam masjid, seperti yg terjadi pada tahun ke 9 H ada 60 utusan Najran mendatangi Rasulullah Shallallalahu alaihi wa sallam termasuk tiga pemimpin Najran, Al-Aqib-pemimpin pemerintahan, As-Sayyid pemimpin kebudayaan dan politik, dan Al-Uskup-pemimpin agama dan spiritual. Dan mereka diterima di Masjid. Kalau Rasulullah Shallallalahu alaihi wa sallam boleh menerima tamu nashara di Masjid, maka tentu juga tidak terlarang kalau kita diterima di gereja.

5. Syekh DR. Muhammad Al Urefi, dai terkenal di Saudi ketika berkunjung ke Inggris beberapa waktu yang lalu, menyempatkan diri berkunjung ke salah satu gereja terkenal dan terbesar di Chelsea, untuk berdialog dan mendengarkan secara langsung dari pendeta, apa sih pandangan mereka terhadap Islam, nabi dan ummatnya.. dan sekaligus menjelaskan apa pandangan Islam terhadap nabi Isa.. dsb, dan untuk  menyaksikan dialognya bisa klik tautan berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=nZTyS4SIboE&hd=1

6. Untuk membangun bangsa, komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat dan dengan siapa saja memang harus dijalin, karena bangsa ini bukan hanya milik kita sendiri, jadi perlu dong kita juga tahu apa keinginan mereka, sebagaimana mereka juga perlu tahu, apa yang menjadi keinginan kita, sekaligus menjelaskan berita-berita miring yg selama ini tersebar. Karena kita juga berhak membela diri. Dan undangan mereka bisa jadi karena ketertarikannya terhadap PKS, dan mudah-mudahan setelah itu mereka bisa tertarik dengan Islam.

7. Siapa tahu, tidak menutup kemungkinan dan tidak mustahil ada orang-orang pendosa (fajir) yg justru menyokong dan mendukung agama ini, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallalahu alaihi wa sallam:

وَإِنَّ اللَّهَ لَيُؤَيِّدُ هَذَا الدِّينَ بِالرَّجُلِ الْفَاجِرِ

"Allah bisa jadi menolong agama ini melalui seorang yang berdosa." [HR. Bukhari No.2834]

8. Pola hubungan Rasulullah Shallallalahu alaihi wa sallam dengan orang-orang kafir, tidak melulu dalam posisi berperang atau mendakwahi mereka untuk masuk Islam. Tapi ada juga pola dalam arti hubungan sosial biasa (muamalah) yg saling memberi dan menerima manfaat atau seperti dalam hal jual beli. Bukankan Rasulullah Shallallalahu alaihi wa sallam bahkan meninggal dalam keadaan menggadaikan baju besinya kepada orang Yahudi?

Contoh lain adalah ketika Rosulullah meminta bantuan Abdullah bin Al-Uraiqit (seorang Kafir Musyrik) utk menjadi penunjuk jalan dlm hijrah ke Madinah, padahal itu adalah posisi paling strategis dlm perjuangan Hijrah.

9. Tidak ada salahnya orang-orang nasrani menyanyikan Mars PKS, yg jadi masalah kalau orang-orang muslim PKS yg menyanyikan mars gereja, dan yang tidak boleh juga kalau kita yang muslim ikut-ikutan dalam kebaktian mereka.

10. Sebelumnya kita tidak pernah membayangkan kalau ada orang kristen yang mau dan bersedia menyenandungkan bait berikut dalam mars PKS...

Partai Keadilan Sejahtera
Maju Terus tanpa kenal lelah
Kibarkan tinggi Panji Allah..
Bangun Indonesia penuh berkah...
Kibarkan tinggi Panji Allah..
Bangun Indonesia penuh berkah...

11. Mereka (Tim paduan suara gereja Spiritos Santos) menyanyikan Mars PKS atas inisiatif mereka gak ada instruksi dari PKS, sebagai cara mereka menghormati dan memuliakan tamu nya.

Mudah-mudahan bisa dipahami, Allahu a'lam bishowab...

PKS Kudus

About PKS Kudus -

Humas DPD PKS Kab Kudus

Subscribe to this Blog via Email :