5.2.14

PKS Kudus

Penerimaan Zakat di Provinsi Sumbar Naik 500 Persen

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan zakat kepada mustahik

PADANG -- Tingkat penerimaan zakat di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) meningkat hingga 500 persen. Naiknya penerimaan zakat ini tak lepas dari komitmen para pegawai negeri sipil (PNS) untuk berzakat.

Menurut Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, zakat ini adalah hak orang miskin. Pihaknya mengaku prihatin dengan status miskin yang disandang sejumlah masyarakat. Dia berharap, ke depannya,  masyarakat miskin ini tak lagi miskin.

"Salah satu upayanya melalui pendistribusian zakat ini. Bahkan nanti, yang tadinya miskin bisa maju dan mejadi pemberi zakat juga," ujarnya saat memberikan zakat secara simbolis kepada sejumlah mustahik di Padang, Selasa (4/2).

Menurut Ketua Baznas Sumbar, Syamsul Bahri, hampir 90 persen dana Baznas yang didistribusikan berasal dari PNS SKPD, Kanwil, Unit Kerja di Sumbar. Sepuluh persen sisanya berasal dari berbagai profesi yang berzakat pada Baznas Sumbar. " Termasuk di dalamnya perusahaan,” katanya.

Pada kesempatan itu, sebanyak 470 mustahik menerima zakat yang diberikan langsung Gubernu Sumbar, Irwan Prayitno. Zakat yang diberikan pada pendistribusian tahap pertama di tahun 2014 ini di antaranya berupa uang tambahan modal Rp 1 juta hingga Rp2 juta, dua unit becak, dua unit perahu, satu unit mesin jahit, dua unit mesin obras, alat penggilingan kaca, alat pemotong besi, dan kompresor. Termasuk juga bantuan biaya pendidikan masing-masing Rp 1-2 juta, dan bantuan berobat. Total jumlah dana yang diberikan kepada mustahik sebesar Rp 717.013.800. (ROL)

PKS Kudus

About PKS Kudus -

Humas DPD PKS Kab Kudus

Subscribe to this Blog via Email :