5.10.13

PKS Kudus

Setelah Kebakaran, Para Santri Ustadz Yusuf Manshur Tetap Menghafal Alquran



Islamedia - Kebakaran yang melanda Pondok Pesantren Darul Qur'an, pimpinan Ustadz Yusuf Manshhur, Jumat (4/10) petang, menghanguskan tujuh saung dari bambu dan melalap satu minimarket bernama Daqumart.
Pascakebakaran santri-santri Darul Quran, pimpinan Ustaz Yusuf Mansur, tetap melanjutkan aktivitas seperti biasa. Ba'da Shalat Isya, para santri terlihat mengaji dan menghafal Alquran.

Menurut keterangan saksi mata, Didi (48 tahun), kejadian itu bermula persis pukul 16.30 WIB. Api terlihat pertama kali berkobar di bagian belakang saung. Tak sampai satu jam, api telah melahap seluruh bangunan yang ada hingga rata dengan tanah.
Didi mengatakan, setidaknya ada enam ruangan tempat belajar santri habis dilalap api. Masing-masing ruangan berukuran 6x12 meter. “Tadigede banget apinya. Cepet, langsung habis (terbakar),” ujarnya. Saung yang ada di Pondok milik Ustaz Yusuf itu bertiang pohon pinang dengan dinding yang terbuat dari bambu. Sementara atapnya dari ilalang kering.

Keterangan Didi pun di benarkan oleh Dwi Eva Adik Ipar Ustadz Yusuf Manshur. Dwi Eva, mengatakan, kebakaran terjadi lantaran seorang santri membakar kasur bekas di taman dekat saung-saung tempat santri belajar. Namun, api dari pembakaran kasur tersebut terbawa angin dan cepat menyambar ke saung.

"Emang Eva juga lagi di paviliun. Abis Shalat Ashar, ada santri nyebut Allahu Akbar sambil lari-lari. Pas aku keluar, masya Allah itu api udah gede banget," tutur Eva. 

Setidaknya, empat mobil pemadam kebakaran dari Kota Tangerang dikerahkan untuk memadamkan api. Namun karena terbuat dari bahan yang mudah terbakar, api dengan cepat menghabiskan seluruh isi bangunan sebelum mobil pemadam kebakaran tiba. Pemadaman sisa-sisa bangunan baru selesai sekitar pukul 17.45 WIB.
Dihubungi terpisah, Komandan Kamil Pesantren Darul Quran mengatakan, dalam kebakaran itu, si jago merah melalap kamar tidur, ruang kelas belajar santri, bangku-bangku, meja, kasur, perpustakaan. Alhasil buku-buku yang ada di perpustakaan ludes dilalap api. "Korban jiwa tidak ada karena santri lagi libur," tuturnya. [rol]

PKS Kudus

About PKS Kudus -

Humas DPD PKS Kab Kudus

Subscribe to this Blog via Email :