22.10.13

PKS Kudus

Pendopo Tajug Makam Sunan Kudus Dipugar





KUDUS - Pendopo tajug yang merupakan bagian dari kompleks Makam dan Menara Sunan Kudus, dipugar. Pemugaran tersebut dikerjakan langsung oleh Direktorat Purbakala dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui pihak ketiga.

Humas Yayasan Makam, Menara dan Masjid Sunan Kudus (YM3SK), Denny Nur Hakim mengatakan, selain pendopo tajug di komplek makam Sunan Kudus, pemugaran juga dilakukan di empat titik lainnya. Yaitu balai bubut, gapura dan tembok, pesarean Sunan Kudus, paseban, dan pemasangan pondok atau pavingisasi di barat makam.

"Untuk semua pekerjaan pemugaran, pemerintah pusat menggelontorkan dana sekitar Rp 3 miliar," katanya, Senin (21/10/2013).

Denny menjelaskan, pemugaran tersebut merupakan kelanjutan dari pemugaran Menara Kudus yang dilakukan Juni - Agustus lalu. Hal itu berdasarkan setelah ada pertemuan dan kesepakatan antara Direktorat, BPCB Jawa Tengah, Dinbudpar Kudus, dan YM3SK selaku pengelola.

"Pihak Direktorat melakukan survei ke lokasi komplek makam. Dan hasilnya, memang harus dilakukan pemugaran karena beberapa bagian sudah lapuk dan rusak," jelasnya.

Pelaksanaan pemugaran secara keseluruhan itu sendiri ditargetkan akan selesai pada Desember mendatang. Untuk material yang digunakan untuk pengganti, Denny menambahkan, menggunakan bahan khusus. Seperti halnya pendopo tajug, menggunakan kayu jati khusus yang sudah benar benar keras.

"Ya ada beberapa bagian yang tidak diganti. Tapi hal itu melihat kondisinya dulu. Kalau masih layak dipakai maka tidak perlu diganti," ucapnya.

Dalam pelaksanaan pemugaran, melibatkan tim ahli konservasi yang didatangkan dari Direktorat Purbakala dan Permuseuman. Selain itu, juga menggunakan tenaga lokal sebanyak 10 orang.

(sumber:http://jateng.tribunnews.com/2013/10/21/pendopo-tajug-makam-sunan-kudus-dipugar)
Pendopo Tajug Makam Sunan Kudus Dipugar  TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pendopo tajug yang merupakan bagian dari kompleks Makam dan Menara Sunan Kudus, dipugar. Pemugaran tersebut dikerjakan langsung oleh Direktorat Purbakala dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui pihak ketiga.  Humas Yayasan Makam, Menara dan Masjid Sunan Kudus (YM3SK), Denny Nur Hakim mengatakan, selain pendopo tajug di komplek makam Sunan Kudus, pemugaran juga dilakukan di empat titik lainnya. Yaitu balai bubut, gapura dan tembok, pesarean Sunan Kudus, paseban, dan pemasangan pondok atau pavingisasi di barat makam.  "Untuk semua pekerjaan pemugaran, pemerintah pusat menggelontorkan dana sekitar Rp 3 miliar," katanya, Senin (21/10/2013).  Denny menjelaskan, pemugaran tersebut merupakan kelanjutan dari pemugaran Menara Kudus yang dilakukan Juni - Agustus lalu. Hal itu berdasarkan setelah ada pertemuan dan kesepakatan antara Direktorat, BPCB Jawa Tengah, Dinbudpar Kudus, dan YM3SK selaku pengelola.  "Pihak Direktorat melakukan survei ke lokasi komplek makam. Dan hasilnya, memang harus dilakukan pemugaran karena beberapa bagian sudah lapuk dan rusak," jelasnya.  Pelaksanaan pemugaran secara keseluruhan itu sendiri ditargetkan akan selesai pada Desember mendatang. Untuk material yang digunakan untuk pengganti, Denny menambahkan, menggunakan bahan khusus. Seperti halnya pendopo tajug, menggunakan kayu jati khusus yang sudah benar benar keras.  "Ya ada beberapa bagian yang tidak diganti. Tapi hal itu melihat kondisinya dulu. Kalau masih layak dipakai maka tidak perlu diganti," ucapnya.  Dalam pelaksanaan pemugaran, melibatkan tim ahli konservasi yang didatangkan dari Direktorat Purbakala dan Permuseuman. Selain itu, juga menggunakan tenaga lokal sebanyak 10 orang.  (sumber:http://jateng.tribunnews.com/2013/10/21/pendopo-tajug-makam-sunan-kudus-dipugar)

PKS Kudus

About PKS Kudus -

Humas DPD PKS Kab Kudus

Subscribe to this Blog via Email :