11.10.13

PKS Kudus

Pak Nur Mahmudi #SosokTeladan yang Tak Terekspos Media


Dua kali menjabat sebagai Walikota Depok banyak prestasi yang telah beliau raih. Tak banyak yang tahu karena sosok beliau yang sederhana tak terlalu terekspos media seperti halnya pejabat-pejabat lainnya yang dengan sedikit sensasi tiba-tiba menjadi terkenal khalayak publik.
Pak Nur Mahmudi apa adanya, tak dibuat-buat, namun dibalik kesedarhanaannya tersimpan sosok luar biasa hingga mendapat julukan sebagai 'Ulama yang Intelek' dan 'Intelek yang Ulama' dari pimpinan Muhammadiyah Depok, KH Wazir Nuri.
Semoga sedikit ungkapan jujur dari Siti Afina Zahrah, seorang Mahasiswi Akuntansi ini, dapat membuka mata kita tentang Sosok Teladan yang dapat menjadi contoh tentang bagaimana menjadi pribadi yang bermanfaat.

Rangkuman Twit Sosok Teladan Pak Nur Mahmudi:

1. Berawal dari tugas mata kuliah etika profesi untuk mem-publish profil pelayan publik teladan.

2. Klo blh jujur, sy blum prnah mngalami pelayanan publik yg sngat prima/mnyaksikn sosok pelayan publik yg brkualitas scr langsung.

3. Maka saya memutuskan untuk mencarinya lewat media, utamanya lewat dunia maya. #SosokTeladan

4. Akhirnya, sy menemukan sosok tersebut, yg menurut pmberitaan media maya, sangat cocok menyandang predikat pelayan publik teladan. #SosokTeladan

5. Dan beliau adalah Pak Nur Mahmudi Ismail, Walikota Depok. Sosok Teladan Pelayanan Publik.

6. Sedikit tentang Pak Nurmahmudi Ismail, yg saya sarikan dari beberapa artikel, yg kemudian saya ramu dengan bahasa saya sendiri.

7. Simpati saya pada Pak Nur (begitu beliau biasa disapa), bermulai ketika saya membaca sebuah artikel.

8. Dalam artikel disebutkan bahwa pak nur ikut serta membersihkan sampah di sungai bersama dengan petugas kebersihan. #SosokTeladan

9. Mungkin kita berpendapat, ‘pejabat publik kan memang biasa seperti itu, toh tujuannya untuk menarik simpati’.

10. Tapi tidak,ternyata yg menyaksikannya bukanlah para wartawan, melainkan hanya segelintir org yg melintas yg kebetulan ‘ngeh’.

11. Bahwa orang yang sedang mengais sampah di kali tersebut adalah Pak Nur Mahmudi, Walikota Depok.

12. Hal itu beliau lakukan sebagai bentuk teladan langsung kepada rakyatnya untuk peduli kepada kebersihan lingkungan.

13. Dalam artikel lain, saya temukan pak nur yang sedang menggunakan transportasi umum dan berbincang dengan penumpang. #SosokTeladan

14. Bahkan orang yang menyaksikannya sempat mengabadikan momen beliau sedang bercengkrama akrab.


15. Pak Nur memang sering naik angkot atau kereta, agar bisa berkomunikasi langsung dengan masyarakat, menyerap berbagai aspirasi.

16. Tak ada awak media yang meliputnya, foto tadi didapatkan dari penumpang yang menguploadnya ke dunia maya, kemudian tersebar. #SosokTeladan

17. Hal ini juga memberikan bukti nyata atas teori yang selama ini saya pelajari..

18. Bahwa bagaimanapun seseorang menyembunyikan kebaikannya, pasti akan tetap tercium wanginya.

19. Sy kemudian tuk mengenal lbh dlm Pak Walikota yg pernah menjabat sbg Menteri Kehutanan RI tersebut.

20. Ternyata banyak sekali prestasi-prestasi yang sudah pak nur raih selama menjabat menteri hingga menjadi walikota depok.

21. Prestasi yg pernah diraih slh satunya adlh Tender pengadaan barang paling transparan se-Indonesia (versi KPK, Kominfo & Bappenas). #SosokTeladan

22. Sbg walikota depok, prestasi beliau Angka Kematian bayi terendah seindonesia, angka harapan hidup tertinggi ke 2 se indonesia.

23. Banyak lagi prestasi yang lainnya, yang membuat saya semakin kagum dengan pribadi beliau.

24. Saya baca di artikel lain, pak nur selain sebagai politisi juga sebagai ulama yang lahir dari lingkungan pesantren di kediri. #SosokTeladan

25. Beliau alumni Pondok Pesantren Salafiyah, Al-Ishlah pimpinan KH Thoha Mu’id, di Bandar Kidul, dekat Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

26. Di pesantren inilah Pak Nur mendapatkan dasar pendidikan keislaman bernuansa Nahdliyin. Sholat berjamaah, sholawat, dziki & tahlil.

27. Dasar pendidikan Islam itu dikombinasikannya dgn keilmuan umum dengan melanjutkan studinya ke Institut Pertanian Bogor (IPB).

28. Pak Nur mendapatkan gelar S-1 di bidang Teknologi Pangan dan Gizi.

29. Pak Nur mendapatkan beasiswa tuk mlanjutkan kuliah ke Texas A & M University, Amerika Serikat sampai meraih gelar S-2 dan S-3. #SosokTeladan

30. Kedua gelar itu, diraihnya dengan predikat cum-laude di bidang ilmu teknologi pangan.

31. Perpaduan pendidikan dua kutub ilmu terpatri dalam dirinya, menjadikannya satu dari sedikit ulama yang menguasai bidang sains.

32. Dan satu dari sedikit ilmuwan yang menguasai ilmu Islam.

33. Tak heran jk beliau mendapat julukan ”ulama yg intelek dan intelek yg ulama” dari pimpinan Muhammadiyah Depok, KH. Wazir Nuri.

34. Istri beliau juga seorang penghafal Al-qur’an/Hafidzah. Lengklaplah sudah kehidupan beliau dgn dianugrahi istri yg sholehah. #SosokTeladan

35. Subhanallah. Semoga banyak lagi pemimpin di negeri ini yang kapabilitas dan kualitasnya seperti beliau.

36. Pejabat Publik yang teladan adalah yang memberikan pelayanan terbaik untuk rakyatnya, baik kata maupun aksi nyata.

37. Dan pak nur mahmudi tlh memberikan contoh ttg bagaimana menjadi pelayan publik yg baik dengan prestasi2 yg telah beliau raih.

38. Saya tidak ragu untuk menjadikan beliau sebagai #SosokTeladan dalam pelayanan publik, insya alloh depok akan menjadi lebih baik

PKS Kudus

About PKS Kudus -

Humas DPD PKS Kab Kudus

Subscribe to this Blog via Email :