Jakarta (7/7) -- Marhaban ya Ramadan! Bulan suci Ramadan tahun 1434 H tak lama lagi akan tiba. Rasa suka cita menyelimuti seluruh kaum muslimin di mana saja. Bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT memang sudah dinanti kedatangannya setiap tahun oleh seluruh kaum muslimin.
Menyambut tibanya bulan Ramadan tahun ini, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) punya cara unik. PKS menggelar program tarhib Ramadan nasional yang dinamai Karnaval Tarhib Ramadan. Program ini digelar di seluruh kota besar di Indonesia.
"Insya Allah, Karnaval Tarhib Ramadan seperti ini akan digelar setiap tahunnya. Ini yang pertama. Kami ingin membawa keceriaan, dengan beragam pihak," ujar Ketua Panitia Karnaval Ramadan, Tubagus Arif di Jakarta.
Di Jakarta, Karnaval Tarhib Ramadan digelar dengan melakukan serangkaian kegiatan mulai dari senam bersama warga DKI di kawasan Monas yang dilanjutkan jalan sehat menuju Bundaran HI. Para peserta mengenakan kaos putih sebagai simbol kebersihan dan kesiapan menyambut Ramadan.
Peserta jalan sehat diiringi musik marawis, ondel-ondel, dan atraksi seni lainnya. Mereka juga membagi-bagikan selebaran tentang Ramadan kepada warga masyarakat yang sedang berolahraga di car free day sepanjang jalan MH Thamrin. Peserta yang mencapai lebih dari 500 kader PKS ini kemudian menyampaikan pesan damai Ramadan melalui aksi freezemob di Bundaran HI.
"Kita di sini untuk melakukan syiar, puasa akan membuat sehat, kita harus menebar energi kegembiraan," kata Ketua DPW PKS DKI, Slamet Nurdin dalam sambutannya di kawasan Monas.
Slamet mengatakan tema karnaval yang diangkat adalah "Kita jadikan Bulan Ramadan bulan ceria, bulan untuk berbagi dan peduli, Ramadan adalah bulan untuk berbaur dengan masyarakat".
Para pimpinan PKS di wilayah masing-masing turut serta dalam karnaval ini. Acara ini digelar serentak sejak pukul 06.30 hingga pukul 10.00 waktu setempat.

Karnaval Ramadhan PKS di Yogyakarta
Karnaval Ramadhan PKS di Yogyakarta