Menara masjid kuno peninggalan dinasti Umayyah di Aleppo telah hancur lapor media pemerintah Suriah dan aktivis Suriah, sementara rezim Bashar al-Assad dan oposisi saling tuding.

Masjid yang masuk dalam daftar cagar budaya UNESCO di Aleppo itu menjadi medan pertempuran selama berbulan-bulan dan mengalami kerusakan yang parah.
Pada hari Rabu (24/4/2013) seiring dengan merebaknya kabar menara masjid yang hancur, para aktivis Suriah mengunggah video rekaman gambar kehancuran masjid itu. Namun, tidak terlihat gambar detik-detik saat menara masjid tersebut runtuh, lapor Aljazeera.
Media milik pemerintah Suriah menuding pasukan oposisi dari kelompok Jabhat al-Nusra, kelompok bersenjata yang dicap teroris oleh Amerika Serikat, sebagai pelaku penghancuran menara itu.
Namun pasukan penentang Assad dan oposisi serta aktivis Suriah mengatakan bahwa tentara rezim yang bertanggungjawab atas hancurnya masjid bersejarah itu.
“Tank-tank menembak ke arah menara sampai hancur,” kata salah seorang anggota pasukan oposisi dalam video yang diunggah ke YouTube, seraya menegaskan bahwa tidak ada penembak jitu dari kelompok oposisi yang bersembunyi di menara tersebut.
Masjid Aleppo aslinya dibangun pada abad ke-8 Masehi dan sepertinya kemudian hancur. Masjid kemudian dibangun ulang pada abad ke-13.
Masjid kuno Aleppo itu menjadi barang rebutan antara pasukan rezim dan oposisi. Pasukan oposisi beberapa kali berhasil menguasainya, tetapi beberapa kali pula gagal mempertahankannya. Pada dinding-dindingnya terdapat bekas tembakan peluru.
Barang-barang antik dan tiang-tiang masjid terlihat hitam gosong habis terbakar. Barang-barang berharga peninggalan sejarah Islam dan artefak-artefak kuno dijarah, termasuk kotak penyimpan helaian rambut Nabi Muhammad.
Menurut PBB, lima dari enam situs bersejarah yang masuk dalam cagar budaya UNESCO rusak akibat konflik Suriah.
Para penjarah menyerbu, merusak dan menjarah benteng kuno bangsa Kurdi Qalaat al-Hisn yang kemudian dikuasai Pasukan Salib dan dinamai Crac des Chevaliers. Sisa-sisa kota kuno Palmyra juga termasuk yang dirusak.*

Rep: Ama Farah
Red: Dija
http://www.hidayatullah.com/hidayatullah/read/28300/25/04/2013/menara-masjid-kuno-di-aleppo-hancur.html