BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan dan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menerima penghargaan Universitas Padjadjaran (Unpad). Anugerah disematkan dalam Senat Terbuka Dies Natalis ke-56 Unpad di Bandung, Rabu, 11 September 2013. Tanda penghargaan diserahkan langsung Rektor Unpad Prof. Ganjar Kunia.
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) diganjar "Anugerah Padjadjaran Utama". Aher dinilai berjasa besar dalam penyediaan sumberdaya manusia (SDM) unggul di provinsi terpadat di Indonesia ini. "Pak Ahmad Heryawan memberi perhatian besar kepada SDM, khususnya bidang kesehatan. Beliau memiliki program Seribu Bidan dan program doktor bagi ratusan Pegawai Negeri Sipil. Pak Gubernur juga memberi berbagai dukungan kepada Universitas Padjadjaran," papar Rektor.
Sama dengan Aher, Dahlan Iskan juga menerima "Anugerah Padjadjaran Utama". Prof. Ganjar menyebut, penghargaan ini diberikan sehubungan pengabdian bos Grup Jawa Pos kepada bangsa dan negara. "Unpad berterimakasih atas segala darma bakti Bapak Dahlan Iskan, khususnya peran aktif beliau mendorong kerjasama perguruan tinggi dengan BUMN," jelas Rektor Unpad. Diungkapkan, kerjasama Unpad dengan BUMN berupa pengembangan penelitian bahan baku obat. Misalnya, paracetamol, albumin, bahan eksipien. Untuk penelitian ini, Unpad bergandengan tangan dengan PT Kimia Farma, PT Indofarma, dan PT Biofarma.
Pada kesempatan yang sama, Rektor Unpad juga memberikan "Anugerah Mahaguru" kepada Prof. Dr. Nurhalim Shahib atas kiprahnya yang konsisten melakukan penelitian kesehatan. Penelitian Prof. Nurhalim berorientasi pada Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan paten, serta rutin mengisi jurnal internasional.