KUDUS,- Sesuai dengan rencana, ratusan ribu keping E-KTP Kudus sudah mulai didistribusikan. Bahkan secara menyeluruh kartu tersebut sudah diaktivasi dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.


Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus, Alia Himawati saat proses pendisribusian kemarin menjelaskan, sebanyak 504.199 keping E-KTP sudah selesai dicetak dan siap didistribusikan kepada seluruh masyarakat Kudus.

"Jumlah tersebut adalah yang sudah jadi dan terkirim ke Kabupaten Kudus, sekaligus sudah diaktivasi oleh tenaga operator Disdukcapil," katanya.

Ia menuturkan, dari data yang dicatat mulai per tanggal 30 April tahun ini wajib KTP yang sudah melakukan perekaman data 530.842 orang atau 92,46 persen dari jumlah wajib KTP sebanyak 574.143 orang, sedangkan yang belum melakukan perekaman sebanyak 43.301 orang atau sebesar 7,65 persen," ujarnya.

Faktor penyebabnya adalah sedang sekolah atau bekerja diluar kota, sakit, dan sebagian jompo serta lansia. "Hal itulah yang membuat tertundanya perekaman data," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kudus, Musthofa Wardoyo kemarin menjelaskan, masyarakat yang belum melakukan perekaman harus tetap terlayani dengan baik. "Agar administrasi kependudukan bisa tertata dengan baik," katanya.

Pendistribusian E-KTP saat ini merupakan tahapan bagian dari pelaksanaan tiga program strategis nasional yang terdiri dari pemutakhiran data kependudukan yang sudah diselesaikan pada akhir 2010, penerbitan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Yang terakhir adalah penerapan E-KTP di masyarakat," tandasnya.