News Ticker :

>> KUDUS

>> Ruang Perempuan

INSPIRASI

>>TWITTER

Mesir Mengatakan Sesuatu

20.8.13

Mesir Mengatakan SesuatuPendahuluan
Mesir memang Mesir. Tetapi apa yang ada di sana, sebagiannya, juga ada di sini. Dunia ini satu. Langit kita sama. Mesir sedang mengatakan sesuatu yang ada di sana dan ada di sini juga.
Mesir Mengatakan Sesuatu
Mungkin kita tidak akan suka, jika suatu saat nanti ada seorang ibu yang berkata pada anaknya, “Sudahlah, Nak. Tidak usah repot-repot berlatih. Nanti kalau sudah ada pemenangnya, kita bunuh pemenangnya dan kita rebut saja pialanya”. Seperti itulah kudeta mengajari dunia. Maka mendiamkan kudeta Mesir itu adalah hal yang sangat mengkhawatirkan.
Mereka yang dibantai itu –dulunya, sedang dan sudah- mencoba menawarkan sebuah tata kelola masyarakat yang bersih, jujur, dan mengedepankan kepentingan rakyat. Lalu mereka berkompetisi dalam sebuah Pemilu. Dan menang. Memang tidak mulus. Ada ketidaksiapan dan ketidakmampuan memang. Dan juga ada ekspektasi yang luar biasa. Lalu ricuh. Ricuh itu biasa. Lalu kecurangan dipertontonkan dengan kudeta militer. Dan tragisnya, tontonan itu dilanjutkan dengan sebuah adegan pembantaian-pembantaian.
Jika sebuah kecurangan dipertontonkan, jika sebuah kebusukan dibenarkan dengan telanjang, dan jika sebuah kecurangan dirayakan, seharusnya kita khawatir keburukan itu akan membesar, akan menyebar, dan menjadi sebuah kewajaran. Dan kudeta itu adalah kecurangan besar yang dipertontonkan di abad ini.
Kudeta itu kampanye massif untuk terbentuknya sebuah tata kelola yang kacau, tata kelola yang egois, tata kelola yang ngawur, tata kelola yang merendahkan nilai kemanusiaan, dan sebuah tata kelola yang Cuma mengandalkan kekuatan.
Menyepakati kudeta dan pembantaian itu nyaris semakna dengan menyepakati kecurangan sebagai aturan utama berkehidupan di dunia kita sekarang ini. Bersepakat dan membenarkan militer Mesir itu nyaris sama dengan ikut mempercepat terbentuknya tata kelola yang curang dan nista di seluruh dunia.
Soal akan disebut apa -nantinya- para pembantai dan perampas kemenangan sah itu, bukan urusan saya. Saya hanya ingin menegaskan ketidaksukaan saya dan ingin menegaskan bahwa kudeta itu kenistaan di abad ini.
Ibu-ibu pasti tak suka jika anak pintarnya dikalahkan dengan cara curang dalam sebuah kompetisi. Ibu-ibu pasti ingin anaknya yang menang mendapat haknya dan yang kalah tak boleh marah dan curang. Bapak-bapak pasti akan mengalami penurunan semangat kerja jika ternyata kompetisi ini hanya akan dimenangi oleh mereka yang curang. Semacam itulah yang sedang dilakukan oleh militer Mesir. Dan semacam itulah ketidaksukaan saya pada kudeta militer Mesir pada pemenang Pemilu Mesir.
Kita tak pernah benar-benar bisa menyelesaikan urusan kita sendiri. Bahkan sebagian cara menyelesaikan semua masalah kita adalah dengan terus memikirkan masalah sesama. Maka, langkah cerdas kita –seharusnya- adalah terus berempati pada penderitaan orang lain. Mereka yang mengekspresikan keengganan untuk memikirkan orang lain itu, bagi saya, seperti sedang mengumumkan untuk tak ingin membantu saya dan anda jika saya dan anda sedang memiliki masalah. Jika seseorang sanggup mengungkapkan keengganannya membantu orang lain, itu sebagian kabar bahwa dia juga akan enggan membantu kita.
Jika kita tidak peduli pada ketidakadilan yang sedang menimpa orang lain, mungkin kita seperti sedang mengantri untuk diperlakukan tidak adil juga. Atau, kita seperti sedang membesarkan ketidakadilan itu. Maka menunjukkan ketidaksukaan pada ketidakadilan itu sebuah keharusan. Membenarkan pembantaian di Mesir itu seperti member pupuk pada sikap tak menghargai kemuliaan manusia.
Liga Spanyol –konon- semakin risau. Dengan perginya bebarapa pemain ke liga lain, kompetisi di sana dikhawatirkan hanya akan terjadi antara Barcelona dan Madrid saja. Kata berita, sedang ada upaya serius untuk terus menggairahkan kembali liga Spanyol. Mereka sadar bahwa mereka sedang bersaing dengan liga Inggris, liga Italia, dan bahkan dengan liga Perancis. Lalu bagaimana saya bisa tenang jika pemenang sebuah kompetisi yang fair sedang dihajar sampai babak belur?
Mesir itu Mesir. Tapi mereka yang dibantai itu sudah berkompetisi dengan fair. Dan mereka itu pemenangnya. Kudeta dan pembantaian itu perlanggaran berat terhadap nilai mulia sebuah kompetisi yang fair.
Mesir sedang mengatakan sesuatu. Saatnya menghentikan keculasan. Saatnya merekam kemarahan. Saatnya menekan kedengkian. Karena keculasan, kemarahan dan kedengkian itu bukan cuma milik Mesir. Mesir sedang mengatakan sesuatu.
Penutup
Jika nanti, semakin banyak guru yang dilecehkan oleh muridnya ketika mengingatkan nilai kejujuran, -sebagiannya- mungkin karena murid itu sudah mampu mencerna ajaran dari kudeta Mesir ini. Jika nanti semakin banyak orang tua yang dilecehkan anaknya ketika mengajarkan nilai luhur integritas, -sebagiannya- mungkin itu karena dunia mencerna dengan baik pelajaran dari sang Penjagal di Mesir ini. Jika suatu saat nanti, kita lebih sering gigit jari karena kita dicurangi di sebuah kompetisi, -sebagiannya- itu karena militer Mesir sudah membuat dunia lebih mengerti tentang tidak perlunya kompetisi yang fair, kejujuran, dan usaha yang kuat. Jika kita kelak lebih banyak menangis, -sebagiannya- mungkin karena kita kita kurang menangisi tragedi Mesir ini. Mungkin.

Oleh:
Eko Novianto Nugroho

Hari Wanita Berjilbab sebagai Solidaritas Wanita Swedia

Swedes hijabSerangan pada wanita Muslimah berjilbab yang hamil pada pekan lalu di Stockholm telah memicu perhatian  wanita Swedia dari semua agama untuk solidaritas mengenakan  jilbab pada hari Senin kemarin , 19 Agustus,  untuk menunjukkan dukungan kepada hak-hak Muslimah.
“Kami ingin orang-orang untuk memakai jilbab pada hari Senin. Terutama karena kita ingin mensosialisasikan  jilbab, “kata Bilan Osman, salah satu penggagas, untuk  Harian Goteborg melaporkan.
“Orang-orang melihat jilbab  sebagai sesuatu yang asing. Ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengakui apa yang harus wanita muslim kenakan ketika pergi . ”
Serangan itu terjadi Jumat lalu ketika seorang wanita hamil diserang di luar Stockholm Farsta
Kabarnya, serangan itu dipicu hanya karena wanita itu mengenakan jilbab.
Menurut seorang teman dari wanita muslimah yang diserang, yang berbicara kepada Sveriges Radio, bahwa jilbab wanita itu ditarik hingga  robek, dan penyerang melanjutkan untuk membenturkan  kepalanya ke  mobil hingga pingsan. Insiden ini juga diikuti oleh ejekan rasis.
“Dia memakai jilbab karena  imannya , dan itu adalah alasan kenapa ia diserang,” kata Klas Jensgård dari polisi Stockholm kepada kantor berita TT.
Insiden inilah yang  telah menyebabkan protes nasional di media sosial, di mana respon dari para perempuan, tidak terbatas agama menganjurkan untuk mengenakan jilbab pada tanggal 19 Agustus  sebagai tindakan solidaritas
Kelompok solidariras ini juga menerbitkan sebuah opini di surat kabar Aftonbladet pada hari Minggu di mana mereka mendesak Menteri Kehakiman Beatrice untuk mengambil tindakan yang  ”memastikan bahwa perempuan Muslim Swedia dijamin hak atas rasa aman dan kebebasan beragama, tanpa khawatir pada serangan verbal dan fisik “.
“Selain itu, kami menuntut agar politisi  secara aktif menarik perhatian dan melawan diskriminasi struktural yang mempengaruhi perempuan Muslim,” tulis para penulis. (OI.Net/Kh)

MIUMI Kirim Surat Terbuka untuk Dubes Mesir


 Majelis Intelektual dan Ulama Muda (MIUMI) menyatakan berbelasungkawa kepada umat Islam di Mesir yang menjadi syuhada dan korban luka-luka di Monumen Sadat, dan Lapangan Rabe’a dan Al-Nahdah di Kairo.

Selain itu, MIUMI juga menyampaikan surat terbuka untuk Duta Besar Mesir di Indonesia, Bahaudin. Dalam surat tersebut, MIUMI menyatakan protes keras atas pembubaran paksa aksi damai yang menggunakan senjata hingga jatuhnya korban. Selain itu MIUMI juga meminta agar Dubes Mesir untuk mengundurkan diri, sebagai bentuk protes atas tragedi kemanusiaan yang terjadi. Berikut surat terbuka MIUMI untuk Dubes Mesir di Indonesia yang ditulis dengan dua bahasa yang diterima redaksi voa-islam.com pada Selasa (20/8/2013), selengkapnya.

سعادة السفير بياء الدين بيجت دسوقي

سفير جمهورية مصر العربية بجاكرتا

السلام عميكم ورحمة الله وبركاتو

الحمد لله والصلاة والسلام عمى سيدنا رسول الله وعمى آلو وصحبو وسمم تحية طيبة وبعد

يسعدنا أن نرفع إلى سعادتكم باسم مجمس المثقفين والعمماء الشباب الإندونيسي أسمى آيات التقدير والدعاء لسعادتكم بموفورالصحة لأداء ميامكم الدبموماسية ولقيادة الفريق الدبموماسي المصري في جميورية إندونيسيا الشقيقة

وانطلاقا لمحبتنا الصادقة لأرض مصر وأىميا البررة نقدم إلى سعادتكم باسم المسممين في إندونيسيا الع ا زء إلى أسر الشيداء والمصابين والجرحى في الأحداث الدموية الأخيرة سواء في النصب التذكاري وميداني ا ربعة العدوية والنيضة بالقاىرة داعين الله عز وجل أن يتغمدىم برحمتو ويميم لأىميم الصبر والسموان.

كما لا يفوتنا في ىذه المناسبة أن نعبر باسم المسممين في إندونيسيا عن استنكارنا الشديد لطريقة فض الإعتصامات

والتظاى ا رت السممية وخاصة في ميداني ا ربعة العدوية والنيضة حيث يودي بحياة المواطنين السمميين العزل, ولا يتوافق مع شرف الجيش والشرطة المصري العظيم. يؤلم الشعب الإندونيسي المسمم ما يؤلمو أشقاءه في مصر ونحن مقبمون غدا باحتفال عيد إستقلال إندوونيسيا ال 68 حيث كانت مصر أول دولة في العالم اعترفت باستقلال إندونيسيا في مارس عام 1946 م وساندت قضية تحرير إندونيسيا بقوة في جامعة الدول العربية والمحافل الدولية.

إن اىتمامنا بما يجري في مصر لا يعني أننا نتدخل في الشؤون السياسية الداخمية المصرية, ونؤكد أن قضية الخلافات

السياسية الداخمية يجب أن تحل عن طريق السممية والحوار بين الفصائل والقوى السياسية الوطنية في مصر. ولكن الذي يعنينا

ويعني كل شرفاء وأح ا رر العالم ويؤلمنا جدا ىو سقوط الضحايا في صفوف المعتصمين والمتظاىرين السمميين الذي يعد

بالآلاف حتى الآن من ج ا رء طريقة فض الإعتصامات بقوة وىي مشاىد مروعة تدل عمى فقدان كل معاني الإنسانية . مذكرين لكم حرمة سفك الدماء بقول الله تعالى: أنو من قتل نفسا بغير نفس أو فساد في الأرض فكأنما قتل الناس جميعا ومن أحياىا فكأنما أحيا الناس جميعا )المائدة: 32 (, وأيضا قولو عز وجل: ومن يقتل مؤمنا متعمدا فج ا زءه جينم خالدا فييا وغضب الله عميو ولعنو وأعد لو عذابا عظيما )النساء: 93 ( صدق الله العظيم وقول المصطفى صمى الله عميو وسمم: والذي نفسي بيده لقتل مؤمن أعظم عند الله من زوال الدنيا )رواه النسائي في السنن الكبرى(  وأيضا قولو صموات الله عميو: أولُ ما يُحاسَبُ بو العبدُ اللصةُ وأولُ ما يُقضَى بينَ الناسِ الدماءُ )رواه البخاري ومسمم(

ولذلك نييب لسعادة السفير أن يترك منصبو احتجاجا عمى سوء إدارة الأزمة في مصر ولئلا يكون مشاركا في ىذه الجريمة الإنسانية النك ا رء. حفظ الله مصرنا الغالية من كل سوء وحسبنا الله ونعم الوكيل

جاكرتا في 9 شوال 1434 ى الموافق 16 أغسطس 2013 م

الأمين العام

الأستاذ بختيار ناصر__
__


Assalamu’alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh.


Kami atas nama Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia (MIUMI) menyampaikan penghargaan yang tinggi dan doa yang tulus untuk YM Dubes Bahauddin semoga sehat wal afiat dan sukses melaksankan tugas-tugas diplomatik di Kedutaan Mesir di Jakarta.  Juga kami sampaikan kepada YM Dubes rasa belasungkawa mendalam kepada keluarga para syuhada dan yang terluka dalam peristiwa berdarah di Monumen Sadat, dan Lapangan Rabe’a dan Al-Nahdah di Kairo. Semoga Allah merahmati mereka dan memberikan kesabaran kepada keluarga mereka.

Pada kesempatan ini, kami tidak lupa menyampaikan, atas nama umat Islam di Indonesia, protes keras kami terhadap metode pembubaran paksa aksi sit ins (I’tishom) dan demonstrasi pendukung pro-Presiden Morsi di Lapangan Rabe’a Al-Adawiya dan Al-Nahdah, yang telah menewaskan warga-warga sipil yang damai dan nir-senjata atau kekerasan. Hal itu sungguh berlawanan dengan kehormatan patriotisme militer dan polisi Mesir.  Rasa sakit yang dialami saudara kami di Mesir sungguh sangat menyakiti kami juga Bangsa Indonesia yang sedang merayakan HUT Proklamasi RI ke-68.  Karena Mesir adalah negara berdaulat pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada bulan Maret 1946, dan memback-up diplomasi Indonesia di Liga Arab dan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Perhatian kami terhadap peristiwa tragedi di Mesir bukanlah bentuk intervensi terhadap kondisi perpolitikan dalam negeri Mesir. Kami tegaskan bahwa perselisihan politik di Mesir harus diselesaikan dengan cara dialog yang beradab dan damai. Kami hanya peduli dan memprihatinkan tragedi berdarah yang menelan ribuan korban warga sipil yang sangat memilukan dan menodai nilai-nilai kemanusiaan. Kami mengingatkan anda akan Firman Allah SWT dan hadis-hadis Nabi Muhammad SAW, tentang haramya pertumpahan darah.

Allah berfirman: 

“Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi” (Qs. Al-Maidah: 32) 

“Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahanam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya” (Qs. An-Nisa: 93),

Nabi SAW bersabda:

“Demi Allah yang nyawaku di tangan-Nya, sungguh pembunuhan seorang mukmin lebih besar dampaknya dari pada hancurnya dunia di sisi Allah” (Hr. An-Nasai), “Amal yang pertama dihisab oleh Allah SWT adalah solat dan perkara pertama yang diadili di antara manusia di hari Kiamat adalah tumpahnya darah” (HR. Bukhari-Muslim).

Oleh sebab itu, kami menghimbau dan meminta YM Dubes Bahauddin untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai protes atas keburukan manajemen krisis di Mesir, dan agar beliau tidak menjadi bagian dari rejim yang melakukan kejahatan kemanusiaan. Semoga Allah SWT menjaga Mesir dari segala keburukan. Hasbunallah wa ni’mal wakiil.
Wassalamu’alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh.





Jakarta, 9 Syawal 1434 Hijriah

PKS Kudus meriahkan Halal Bi Halal dengan Teater Nabi Yusuf

19.8.13


Minggu, 18 Agustus 2013 , DPD PKS kudus menggelar perhelatan akbar halal bi halal . Hampir 900 kader dan simpatisan memenuhi Aula Gedung ngasirah minggu siang. Selain Kegiatan Halal Bi Halal , kegiatan ahad pagi inipun di meriahkan beberapa kegiatan Bazar yang di isi oleh beberapa perwakilan dari DPC DPC PKS kudus kegiatan yang di laksanakan di Gedung ngasirah kab. kudus ini di mulai pukul 08.30 di awali dengan Gemuruh Rebana Qudsiyah yang semakin menyemangati awal kegiatan ini. kemudian di lanjutkan menyanyikan lagu wajib dan Mars PKS setelah itu di isi sambutan ketua DPD PKS kudus H. Setya Budi Wibowo ini menyampaikan Beribu maaf kepada para kader dan simpatisan apabila dalam Berinteraksi selama ini ada salah dan khilaf, kemudian beliau juga berpesan kepada para kader muda agar bisa mensukseskan target dari DPD yakni memenangkan minimal 4 anggota dewan yang akan mewakili PKS kudus di 2014 nanti.
H. Kamal fauzi selaku DPRD Propinsi jawa tengah fraksi pks Dalam acara ini juga menyampaikan agar silaturahim ini tetap terjaga, beliau juga berpesan agar para Caleg PKS Kudus selalu aktif dalam bersilaturahim, dengan tetangga maupun kerabat, beliau juga meminta dukungan atas pencalonannya di tahun 2014 sebagai Calon DPR RI dapil 2.
Dalam acara ini juga DPD PKS untuk memeriahkan acara dalam acara ini juga DPD PKS kudus menampilkan teater ashabul Kahfi , yakni cerita tentang Nabi Yusuf. Pergelaran ini  sangat sukses di pentaskan oleh para pemain yang keseluruhan pemainnya adalah anak dari kader kader PKS kudus.
Puncak acara ini diadakan penggalan dana untuk tragedi mesir yang nantinya akan di sumbangkan bagi para korban korban pembantaian oleh  militer militer mesir yang dalam kurun waktu ini menewaskan hampir 2.000 orang , dana yang terkumpul dalam acara ini sebesar
 Rp. 6.232.000,-  ,
 sebelum penutupan acara panitia menyerakan hadiah dan trofi kepada para kader kader yang memenangkan lomba Musabawoh Hifdzil Quran yang di selenggarakn pada bulan ramadhan.

Sejarah Nama Indonesia

17.8.13


pkskudus.org - Nama Indonesia berasal dari berbagai rangkaian sejarah yang puncaknya terjadi di pertengahan abad ke-19. Dalam catatan bangsa Tionghoa kawasan kepulauan tanah air dinamai Nan-hai(Kepulauan Laut Selatan). Berbagai catatan kuno bangsa Indoa menamai kepulauan ini Dwipantara (Kepulauan Tanah Seberang), nama yang diturunkan dari kata Sansekerta dwipa (pulau) dan antara (luar, seberang). Kisah Ramayana karya pujangga Walmiki menceritakan pencarian terhadap Sinta, istri Rama yang diculik Rahwana, sampai ke Suwarnadwipa (Pulau Emas, yaitu Sumatra sekarang) yang terletak di Kepulauan Dwipantara.

Bangsa Arab menyebut tanah air kita Jaza’ir al-Jawi (Kepulauan Jawa). Nama Latin untuk kemenyan adalah benzoe, berasal dari bahasa Arab luban jawi(kemenyan Jawa), sebab para pedagang Arab memperoleh kemenyan dari batang pohon Styrax sumatrana yang dahulu hanya tumbuh di Sumatera. Sampai hari ini jemaah haji kita masih sering dipanggil “Jawa” oleh orang Arab. Bahkan orang Indonesia luar Jawa sekalipun. Dalam bahasa Arab juga dikenal Samathrah (Sumatra), Sholibis (Sulawesi), Sundah (Sunda), semua pulau itu dikenal sebagai kulluh Jawi (semuanya Jawa).

Bangsa-bangsa Eropa yang pertama kali datang beranggapan bahwa Asia hanya terdiri dari Arab, Persia, India dan Tiongkok. Bagi mereka, daerah yang terbentang luas antara Persia dan Tiongkok semuanya adalah “Hindia“. Semenanjung Asia Selatan mereka sebut “Hindia Muka” dan daratan Asia Tenggara dinamai “Hindia Belakang”. Sedangkan tanah air memperoleh nama “Kepulauan Hindia” (Indische ArchipelIndian Archipelagol’Archipel Indien) atau “Hindia Timur” (Oost IndieEast IndiesIndes Orientales). Nama lain yang juga dipakai adalah “Kepulauan Melayu” (Maleische ArchipelMalay Archipelagol’Archipel Malais).

Pada jaman penjajahan Belanda, nama resmi yang digunakan adalahNederlandsch-Indie (Hindia Belanda), sedangkan pemerintah pendudukan Jepang 1942-1945 memakai istilah To-Indo (Hindia Timur).
Eduard Douwes Dekker ( 1820 – 1887 ), yang dikenal dengan nama samaran Multatuli, pernah mengusulkan nama yang spesifik untuk menyebutkan kepulauan tanah air kita, yaitu Insulinde, yang artinya juga “Kepulauan Hindia” ( Bahasa Latin insula berarti pulau). Nama Insulinde ini kurang populer.

Nusantara
Pada tahun 1920, Ernest Francois Eugene Douwes Dekker ( 1879 – 1950), yang dikenal sebagai Dr. Setiabudi (cucu dari adik Multatuli), memperkenalkan suatu nama untuk tanah air kita yang tidak mengandung unsur kata “India”. Nama itu tiada lain adalah Nusantara, suatu istilah yang telah tenggelam berabad-abad lamanya. Setiabudi mengambil nama itu dari Pararaton, naskah kuno zaman Majapahit yang ditemukan di Bali pada akhir abad ke-19 lalu diterjemahkan oleh JLA. Brandes dan diterbitkan oleh Nicholaas Johannes Krom pada tahun 1920.

Pengertian Nusantara yang diusulkan Setiabudi jauh berbeda dengan pengertian nusantara zaman Majapahit. Pada masa Majapahit, Nusantara digunakan untuk menyebutkan pulau-pulau di luar Jawa (antara dalam Bahasa Sansekerta artinya luar, seberang) sebagai lawan dari Jawadwipa (Pulau Jawa). Sumpah Palapa dari Gajah Mada tertulis “Lamun huwus kalah nusantara, isun amukti palapa” (Jika telah kalah pulau-pulau seberang, barulah saya menikmati istirahat).

Oleh Dr. Setiabudi kata nusantara zaman Majapahit yang berkonotasi jahiliyahitu diberi pengertian yang nasionalistis. Dengan mengambil kata Melayu asliantara, maka Nusantara kini memiliki arti yang baru yaitu “nusa di antara dua benua dan dua samudra”, sehingga Jawa pun termasuk dalam definisi nusantara yang modern. Istilah nusantara dari Setiabudi ini dengan cepat menjadi populer penggunaannya sebagai alternatif dari nama Hindia Belanda.

Sampai hari ini istilah nusantara tetap dipakai untuk menyebutkan wilayah tanah air dari Sabang sampai Merauke.

Indonesia
Pada tahun 1847 di Singapura terbit sebuah majalah ilmiah tahunan, Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA), yang dikelola oleh James Richardson Logan ( 1819 – 1869 ), seorang Skotlandia yang meraih sarjana hukum dari Universitas Edinburgh. Kemudian pada tahun 1849 seorang ahli etnologi bangsa Ingris, George Samuel Windsor Earl ( 1813 – 1865 ), menggabungkan diri sebagai redaksi majalah JIAEA.

Dalam JIAEA Volume IV tahun 1850, halaman 66-74, Earl menulis artikel On the Leading Characteristics of the Papuan, Australian and Malay-Polynesian Nations. Dalam artikelnya itu Earl menegaskan bahwa sudah tiba saatnya bagi penduduk Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu untuk memiliki nama khas (a distinctive name), sebab nama Hindia tidaklah tepat dan sering rancu dengan penyebutan India yang lain. Earl mengajukan dua pilihan nama:Indunesia atau Malayunesia (nesos dalam bahasa Yunani berarti pulau). Pada halaman 71 artikelnya itu tertulis:

… the inhabitants of the Indian Archipelago or Malayan Archipelago would become respectively Indunesians or Malayunesians“.

Earl sendiri menyatakan memilih nama Malayunesia (Kepulauan Melayu) daripada Indunesia (Kepulauan Hindia), sebab Malayunesia sangat tepat untuk ras Melayu, sedangkan Indunesia bisa juga digunakan untuk Ceylon ( Srilanka ) dan Maladewa. Earl berpendapat juga bahwa nahasa Melayu dipakai di seluruh kepulauan ini. Dalam tulisannya itu Earl memang menggunakan istilah Malayunesia dan tidak memakai istilah Indunesia.

Dalam JIAEA Volume IV itu juga, halaman 252-347, James Richardson Logan menulis artikel The Ethnology of the Indian Archipelago. Pada awal tulisannya, Logan pun menyatakan perlunya nama khas bagi kepulauan tanah air kita, sebab istilah “Indian Archipelago” terlalu panjang dan membingungkan. Logan memungut nama Indunesia yang dibuang Earl, dan huruf u digantinya dengan huruf o agar ucapannya lebih baik. Maka lahirlah istilah Indonesia.

Untuk pertama kalinya kata Indonesia muncul di dunia dengan tercetak pada halaman 254 dalam tulisan Logan:

Mr. Earl suggests the ethnographical term Indunesian, but rejects it in favour of Malayunesian. I prefer the purely geographical term Indonesia, which is merely a shorter synonym for the Indian Islands or the Indian Archipelago“.

Ketika mengusulkan nama “Indonesia” agaknya Logan tidak menyadari bahwa di kemudian hari nama itu akan menjadi nama resmi. Sejak saat itu Logan secara konsisten menggunakan nama “Indonesia” dalam tulisan-tulisan ilmiahnya, dan lambat laun pemakaian istilah ini menyebar di kalangan para ilmuwan bidang etnologi dan geografi.

Pada tahun 1884 guru besar etnologi di Universitas Berlin yang bernama Adolf Bastian (1826 – 1905 ) menerbitkan buku Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipel sebanyak lima volume, yang memuat hasil penelitiannya ketika mengembara ke tanah air pada tahun 1864 sampai 1880. Buku Bastian inilah yang memopulerkan istilah “Indonesia” di kalangan sarjana Belanda, sehingga sempat timbul anggapan bahwa istilah “Indonesia” itu ciptaan Bastian.
Pendapat yang tidak benar itu, antara lain tercantum dalamEncyclopedie van Nederlandsch-Indietahun 1918. Padahal Bastian mengambil istilah “Indonesia” itu dari tulisan-tulisan Logan.

Pribumi yang mula-mula menggunakan istilah “Indonesia” adalah Suwardi Suryaningrat ( Ki Hajar Dewantara ). Ketika dibuang ke negeri Belanda tahun 1913 beliau mendirikan sebuah biro pers dengan nama Indonesische Pers-bureau.

Nama indonesisch (Indonesia) juga diperkenalkan sebagai pengganti indisch (Hindia) oleh Prof. Cornelis van Vollenhoven (1917). Sejalan dengan itu, inlander (pribumi) diganti dengan indonesiër (orang Indonesia).

Sumber: wikipedia
*http://www.islamedia.web.id/2013/08/sejarah-nama-indonesia.html

Ayo, bangunlah anakku, demi ibu dan saudari-saudarimu. Mereka semua menunggumu datang bersamaku.”

15.8.13

korban pembantaian  (inet/Misr25TV)
korban pembantaian (inet/Misr25TV)
pkskudus.org.  Salah seorang saksi mata di masjid Al-Iman Makram Abid menceritakan sebuah kisah tragis yang baru saja disaksikannya.

Seorang ayah datang ke masjid untuk mengidentifikasi jasad anak laki-laki satu-satunya. Semua anaknya yang lain perempuan.
Ketika menemukan jasad anaknya, beliau membuka penutup wajahnya. Lalu terjadilah dialog yang memilukan ini:
“Aku sudah menjual gandum yang tersisa, dan aku berikan kepadamu agar engkau bisa menikah pada Hari Raya Idul Adha nanti, seperti kesepakatan kita.

Ayo, bangunlah anakku, demi ibu dan saudari-saudarimu. Mereka semua menunggumu datang bersamaku.”
Maka sang ayah pun memeluk jasad anaknya yang sudah kaku. Saat itu dia berkata kepada orang-orang di sekitarnya:
“Aku akan tidur sebentar. Lalu kita akan bangun untuk pergi bersama. Dia sangat mencintaiku, tidak mungkin akan pergi meninggalkanku sendirian. Dia tidak mungkin tega membuatku bersedih. Selama hidupnya dia selalu menemaniku pergi. Tidak pernah membiarkanku pergi sendirian.”
Kata-kata itu keluar dengan penuh kesedihan. Seakan yang keluar dari matanya bukanlah air mata, tapi darah.
Sang ayah tidur dengan memeluk jasad anaknya. Lalu tiba-tiba terdiam, tidak bergerak.
Orang-orang yang ada di sekitarnya datang untuk menenangkannya. Tapi sungguh kaget, mereka mendapati sang ayah pun sudah meninggal saking sedihnya ditinggal anak terkasihnya.
Terlaknatlah As-Sisi, banyak sekali tragedi memilukan di balik setiap syahid yang gugur hari ini. (msa/sbb/dkw)


Sumber: http://www.dakwatuna.com/2013/08/15/37967/kisah-tragis-dari-masjid-al-iman-makram-abid/#ixzz2c2cC7rUW 
Follow us: @dakwatuna on Twitter | dakwatunacom on Facebook

Anggota DPR Apresiasi Terjemahan Al Quran Diajarkan di Seluruh Sekolah Mukomuko

14.8.13


MUKOMUKO - Seperti yang di beritakan, pada Senin, 12 Agustus 2013, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menginstruksikan seluruh sekolah di daerah itu untuk mengajarkan terjemahan Al-Quran kepada siswanya. Langkah ini mendapat apresiasi Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP), sekaligus Anggota Komisi X DPR RI, Surahman Hidayat.
Surahman Hidayat dalam keterangan pressnya kepada media, mengatakan "Saya sangat mengapresiasi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Mukomuko Bengkulu, dalam kebijakannya menginstruksikan seluruh sekolah di daerah tersebut, untuk mengajarkan terjemahan Al-Qur’an kepada siswanya.  Kebijakan seperti ini sangat layak di contoh oleh pemerintah daerah lainnya, untuk mengurangi buta huruf AL-Qur’an, sekaligus menambah pemahaman para siswa akan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an.
Sebagai bangsa yang mayoritas beragama Islam, kemampuan membaca dan memahami kitab suci Al-Qur’an menjadi sesuatu yang penting untuk di galakan di tengah-tengah masyarakat, terlebih lagi di dunia pendidikan. Ketidak fahaman terhadap ajaran yang terkandung dalam kitab suci Al-Qur’an merupakan salah satu factor penyebab munculnya krisis moralitas di kalangan pelajar, seperti maraknya tawuran, kasus penyalah gunaan narkoba, seks bebas, dan lain sebagainya.
Surahman melanjutkan penjelasannya, dengan adanya bentuk kebijakan instruksional dari Pemerintah Daerah seperti yang di lakukan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Bengkulu, saya berharap tingkat kerusakan moralitas di kalangan siswa semakin berkurang, sehingga mampu menghadirkan suasana kegiatan belajar dan mengajar yang lebih kondusif dan produktif, dalam rangka menghadirkan kualitas pendidikan nasional yang berkualitas, sehingga generasi penerus bangsa, semakin memiliki kualitas yang baik dalam menghadapi tantangan zaman, jelas Surahman.
Sebagai tambahan informasi mulai semester ini sekolah harus mengajarkan Metode Tamyiz atau terjemahan Al-Quran kepada siswanya," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Nur Hasni di Mukomuko, Senin.
Ia mengatakan bahwa buku pedoman membaca dan menerjemahkan Al Quran dengan mudah dan praktis telah dibagikan ke seluruh sekolah mulai dari jenjang SD hingga SMA. "Jumlahnya memang terbatas untuk setiap siswa tetapi setiap sekolah sudah ada panduannya," katanya.

"Gw benci PKS, tapi ternyata gw banyak terima manfaat dari PKS"

13.8.13


"Gw dan PKS"

Gw ga suka PKS. Gw ga suka orang berpolitik pake kedok agama kayak PKS. Tapi, anak gw kelas 4 SD udah hafal Quran juz 'amma dan juz 29, anak gw sekolah di SDIT yang belakangan baru gw tahu ternyata punya orang PKS. Dan guru-gurunya hampir semuanya orang PKS. Anak gw lebih soleh dari gw yang jadi bokapnya.
Pas gw sholat di mushola dekat imamnya bacaannya enak banget, pas ngobrol ternyata imamnya pake sarung dan baju koko yang ada lambang PKS-nya.
Bini gw belakangan alim banget. Ibadahnya rajin. Ternyata dia ikut majelis taklim deket rumah. Pas nanya-nanya sama bini yang ngisi majelis taklimnya ternyata orang PKS.
Anak gw yang SMP cewek manggil guru les privat. Ternyata guru privatnya cewek pake jilbab datangnya naik motor. Eh, di motornya ada stiker PKS.
Di rumah gw ada nyokap gw udah usia 60 tahunan. Suka ikutan senam ibu-ibu. Tiap bulan selalu ada cek tensi dan cek gula darah gratis. Gw tanya ke nyokap gw kok bisa gratis? Nyokap bilang anak-anak PKS memang rutin tiap bulan datang ke kelompok senam nyokap untuk tensi dan cek gula darah, kadangkala suka ada dokternya juga.
Suatu hari gw lihat pembokat gw yang kerjanya pulang pergi bawa bungkusan di plastik. Pas gw tanya apa isinya dia bilang sembako harga murah, sembako seharga 50 ribu dijual cuma dengan harga 25 ribu. Gw tanya ke pembokat kok bisa? Kata pembokat gw itu di beli di bazarnya PKS.
Terakhir gw punya boss baru di kantor, promosi dari kantor cabang ke kantor pusat katanya prestasinya luar biasa di kantor cabang, makanya di promosikan ke kantor pusat dan sekarang jadi boss gw. Waktu acara pisah sambut bos gw yang baru itu bawa bininya. Dan bininya ternyata berjilbab. Suatu ketika pernah nebeng mobil bos ternyata di mobil bos ada buku-bukunya Anis Matta.
Gw benci sama PKS, tapi ternyata gw juga banyak terima manfaat dari PKS. Bingung gw jadinya.

__
*sumber: fb

Bila Alkohol Haram Buat Makanan, Bagaimana Dalam Parfum?

12.8.13

Assalamualaikum warahmatullah wabarokatuh,,
Pak Ustadz yg di rahmati Allah. Saya mau bertanya tentang alkohol.
1. Apakah semua makanan atau minuman yang mengandung alkohol itu Haram?
2. Apakah makanan atau kue/roti yg disemprot langsung dengan alkohol  (dg tujuan mensterilkan makanan itu) itu haram?
3. Bagaimana dengan minyak wangi yang mengandung alkohol?
mengingat ini sangat penting bagi saya,mohon penjelasan dari pak ustadz
Jazakumullah khoiron katsiron
Wa Alaikumussalam Wr Wb.
Ibnu Rusyd setelah menceritakan perbedaan pendapat dikalangan para ulama Hijaz dan Iraq tentang apakah yang diharamkan pada khomr itu zatnya atau karena ia memabukkan menyebutkan :
1. Secara ijma’ dan atas dasar keadaan syara’ sudah ada ketetapan bahwa yang dimaksud khomr adalah pada jenisnya bukan pada kadar (banyak atau sedikitnya). Maka segala sesuatu yang di dalamnya terdapat hal-hal yang menutupi akal dinamakan khomr.
2. Para ulama bersepakat bahwa memeras anggur adalah halal selama belum menjadi keras sehingga mengandung khomr sebagaimana sabda Rasulullah saw : “Maka peraslah anggur, dan segala yang memabukkan itu haram.” Begitu juga hadits bahwa Nabi saw memeras anggur menuangkannya pada hari kedua dan ketiga. (Bidayatul Mujtahid juz 1 hal 347)
Sayyid Sabiq di dalam ‘Fiqhus Sunah” mengatakan, “Segala sesuatu yang memabukkan adalah termasuk khomr dan tidak menjadi soal tentang apa asalnya. Oleh karena itu, jenis minuman apa pun sejauh memabukkan adalah khomr menurut pengertian syari’at dan hukum-hukum yang berlaku terhadap khomr adalah juga berlaku atas minuman-minuman tersebut, baik ia terbuat dari anggur, madu, gandum dan biji-bijan lain maupun dari jenis-jenis lain.”
Zat yang dapat digolongkan kedalam alkohol banyak digunakan untuk obat-obatan, makanan, parfum ataupun benda-benda yang ada disekitar kita namun dari jenis alkohol yang termasuk dalam kategori berbahaya dan memabukkan adalah ethanol.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa khomr tidaklah identik dengan alkohol dan sebaliknya tidak setiap alkohol adalah khomr. Jadi khomr adalah segala sesuatu yang mengandung ethanol atau zat lain yang memabukkan dari apapun ia dibuatnya.
1. Dengan demikian setiap makanan atau minuman yang mengandung ethanol disebut khomr dan haram untuk dikonsumsi. Pengharaman tidak dilihat dari aspek memabukkan atau tidak namun pada zatnya itu sendiri. Karena jika berpatokan dengan alasan memabukkan maka akan ada yang berpendapat selama khomr itu tidak memabukkan seseorang maka diperbolehkan padahal ini tidak betul. Namun jika seseorang berpatokan pada zat khomrnya; berapapun banyaknya kandungan zat (yang memabukkan) itu dalam suatu makanan / minuman maka ia haram dikonsumsi.
2. Adapun terhadap alkohol yang digunakan untuk bahan pensteril makanan atau roti maka selama ia bukan dari bahan ethanol yang berbahaya dan memabukkan maka halal digunakan.
Diantara dalil-dalilnya adalah :
Firman Allah swt :”Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah Termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; Maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). (QS. Al Maidah : 90 – 91)
Hadits Abi Aun as Saqofiy dari Abdullah bin Saddad dari Ibnu Abbas dari Nabi saw bersabda, ”Khomr itu diharamkan karena bendanya.” (HR. Baihaqi)
Sabda Rasulullah saw : “Setiap yang memabukkan adalah khomr dan setiap khomr adalah haram.” (HR. Muslim).
Ijma’ dan atas dasar keadaan syara’ sudah ada ketetapan bahwa yang dimaksud khomr adalah pada jenisnya bukan pada kadar (banyak atau sedikitnya). Maka segala sesuatu yang didalamnya terdapat hal-hal yang menutupi akal dinamakan khomr. (Bidayatul Mujtahid juz 1 hal 347)
3. Sedangkan hukum penggunaan alkohol dalam parfum atau minyak wangi terjadi perbedaan pendapat yang disebabkan apakah ia termasuk najis atau suci?!
Ulama yang empat mengatakan bahwa khomr itu najis sebagaimana firman Allah swt : ““adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu.” (QS. Al Maidah : 90)
Sementara para ulama yang lain, seperti; Imam Robi’ah, al Laits bin Sa’ad dan al Mazini mengatakan bahwa khomr itu suci. Mereka berdalil dengan apa yang terjadi ketika ayat pengharamannya itu diturunkan maka khomr-khomr itu ditumpahkannya di jalan-jalan Madinah.
Seandainya khomr itu najis maka sahabat tidak akan melakukan hal itu dan Rasulullah saw pun pasti akan melarang mereka sebagaimana beliau saw melarang sahabat buang hajat di jalan-jalan. Ini menjadi dalil sucinya khomr.
Mereka menjawab jumhur dengan mengatakan bahwa najis yang dimaksud dalam ayat adalah najis hukmiyah seperti najisnya orang-orang musyrik (QS. 9 : 28), dan tidak diragukan lagi bahwa setiap yang diharamkan adalah najis hukmiyah… Khomr bukanlah najis bendanya akan tetapi hukumnya.
Jumhur kemudian menjawab,”Sesungguhnya firman Allah swt,’rijs’ menunjukan bahwa makna rijs dari sisi bahasa adalah najis. Kemudian seandainya kita berpegang teguh untuk tidak menghukum dengan suatu hukum kecuali jika kita dapatkan satu dalil yang manshush (ada nashnya) maka syariah ini akan terhambat, karena nash dalam hal ini tidaklah banyak namun sebagaimana penjelasan kami diawal bahwa rijs itu adalah najis hissiyah (fisik) dan maknawiyah sebagaimana disebutkan terhadap orang-orang musyrik…
Mereka menjawab jumhur dengan mengatakan bahwa asal segala sesuatu adalah boleh dan suci selama tidak ada dalil yang menentangnya serta tidak ada dalil yang menajiskannya.
Intinya menurut jumhur ulama bahwa khomr adalah najis maka alkohol pun menjadi najis. Sedangkan menurut selain jumhur khomr adalah suci dengan demikian khomr pun suci.
Diantara ulama belakangan yang mengatakan akan kesucian khomr adalah asy Syaukani, ash Shon’ani, Shiddiq Hasan Khan dan Syeikh Muhammad Rasyid Ridho yang berpendapat bahwa alkohol dan khomr tidaklah najis, demikian pula parfum yang dicampurkan dengannya karena tidak ada dalil shohih yang menjadikannya najis. Dan juga rijs didalam khomr adalah rijs hukmi yang berarti haram.
Syeikh Muhammad Rasyid Ridho didalam tafsirnya mengatakan bahwa terjadi perbedaan pendapat dalam najisnya khomr dikalangan ulama kaum muslimin. Sesungguhnya Abi Hanifah menganggap minuman dari anggur yang didalamnya terdapat alkohol secara pasti adalah suci. Dan bahwasanya alkohol bukanlah khomr. Parfum-parfum orang Eropa bukanlah alkohol tetapi ia adalah parfum yang didalamnya terdapat alkohol sebagaimana ia juga terdapat pada bahan-bahan suci lainnya menurut ijma serta tidak ada peluang untuk bisa dikatakan najis bahkan dikalangan orang-orang yang mengatakan khomr itu najis.
Sealama permasalahan masih menjadi perselisihan barangkali terdapat kemudahan setelah penyebarluasan penggunaannya didalam kedokteran, penyucian, berbagai operasi, parfum dan lain-lain maka kecenderungan kepada pendapat kesuciannya walaupun dibuat dari bahan-bahan beracun dan berbahaya. Walaupun digunakannya masih jarang seperti khomr maka sesungguhnya penajisannya tidaklah menjadi kesepakatan khususnya apabila ia terbuat dari selain juice anggur. Dan sekarang ia dihasilkan dari bahan-bahan yang bermacam-macam. Maka siapa yang terkena parfum baik badannya, pakaiannya atau yang lainnya maka tidaklah ia wajib mandi dan sholatnya pun sah.
(Fatawa Al Azhar, bab Parfum, juz 8 hal. 413)
Wallahu A’lam
-Ustadz Sigit Pranowo, Lc-

>> PILKADA UPDATE

>> TAUJIH

Alam Islami

 
 photo pksno3_zps07baf103.gif
© Copyright pks-kudus 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.