31.1.17

sumodisastro

Harapan dan Kekuatan

Dikisahkan dua orang yang melakukan kesalahan dan akan dieksekusi oleh seorang raja. Orang yang pertama merasa putus asa dan sudah tidak ada semangat untuk hidup selama di tahanan menunggu eksekusi mati. Dia pasrah dengan keadaan dan lebih banyak merenung.


Sementara orang yang kedua berpikir keras bagaimana mengatasi masalah ini, mencari ide untuk bisa bebas dari hukuman. Dia teringat bahwa sang raja menyukai kuda. Kemudian orang tersebut mendapatkan sebuah ide lalu meminta kepada sipir untuk mempertemukanya dengan raja.

"Apa yang kamu ingin katakan" tanya Raja.
"Wahai tuan Raja, saya tahu engkau menyukai kuda. Saya dahulu adalah seorang ahli pelatih kuda yang dapat membuat kudamu terbang asalkan beri aku waktu satu tahun untuk melatih kuda tersebut". Sang Rajapun mengabulkan permintaan dari orang itu. Setelah itu orang tersebut dikembalikan ke tahanan.

Tak berapa lama orang yang pertama segera dieksekusi. Sebelum berjalanan menuju lapangan gantung, ia bertanya, "Bagaimana caranya engkau dapat membuat kuda itu dapat terbang, bukankah itu hal yang sulit bahkan mustahil?"

Temannya itu berkata, "Memang benar tapi aku masih memiliki waktu satu tahun sebelum aku di eksekusi mati."

"Dalam kurun waktu satu tahun itu akan ada empat kemungkinan, pertama aku akan meninggal sebelum di eksekusi mati tentu hal itu lebih baik daripada aku mati di tiang gantungan, kedua bisa jadi sang raja yang akan meninggal dahulu sebelum hari eksekusi mati itu tiba, yang ketiga bisa jadi sang raja berubah pikiran dan tidak jadi memberikan hukuman eksekusi dan yang terakhir mungkin saja aku memang bisa membuat kuda itu bisa terbang."

Harapan.
Sesuatu yang mendasar yang mestinya dimiliki oleh setiap orang. Karena harapan inilah yang membuat setiap orang mau berbuat sesuatu, mau melakukan sesuatu, mau berjuang dan mau untuk terus mempertahankan kehidupannya.

Jelas bahwa harapan adalah sesuatu yang membuat seseorang tetap hidup! Harapan tentang kehidupan yang lebih layak membuat seseorang rela bekerja banting tulang. Harapan akan lahirnya sebuah mahakarya membuat para seniman meluangkan begitu banyak waktu, pikiran dan tenaga untuk menggeluti karyanya.

Apakah Anda mempunyai harapan yang belum terwujud? Apakah Anda masih mengharapkannya? Apa yang sudah Anda lakukan untuk mewujudkannya? Harapan akan membuat Anda, saya dan kita semua tetap tegar menghadapi halangan, rintangan dan kesulitan.

Pelihara terus harapan Anda. Jangan pernah menyerah apapun yang terjadi. Be stronger! Jadilah lebih kuat, lebih baik dan lebih bergairah setiap saat. Harapan Anda adalah kehidupan Anda!

Mengutip ungkapan di film 5cm "Kemudian yang kamu perlukan hanyalah kaki yang akan melangkah lebih jauh, tangan yang akan berbuat lebih banyak, mata yang akan melihat lebih lama, leher yang akan lebih sering mendongak, tekad yang setebal baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras serta mulut yang selalu berdoa."

Artikel
Jumadi Subur
[ konsultasi | pelatihan | pendampingan ]

sumodisastro

About sumodisastro -

Humas DPD PKS Kab Kudus

Subscribe to this Blog via Email :