25.10.13

PKS Kudus

Komunitas Harmoni untuk Masyarakat Jakarta


Harmoni dalam music adalah paduan bunyi di dalam suatu lagu yang terdiri dari beberapa suara yang sesuai dengan akor.

Harmoni dalam kehidupan adalah perpaduan dari keberagaman perbedaan masyarakat, yang akan menciptakan kebersamaan masyarakat dari yang terkecil hingga tingkatan paling tinggi.

Sadar akan pentingnya harmonisasi dalam kehidupan bermasyarakat Ir Triwicaksana atau yang lebih dikenal dengan panggilan bang Sani, tergerak hatinya untuk mendirikan sebuah komunitas harmoni di Jakarta, maka pada tahun 2013 lahirlah sebuah komunitas yang diberi nama Komunitas Harmoni Jakarta.

Dalam tulisannya yang berjudul “Komunitas Harmoni Jakarta : Sebuah Gerakan Sosial Masyarakat Jakarta”, bang Sani mengatakan dalam konteks gerakan sosial, variabel harmoni mutlak diperlukan agar masyarakat dapat berjalan dan duduk bersama untuk membangun dan menciptakan kebersamaan, baik dalam sekup kecil di wilayah Rukun Warga maupun wilayah yang lebih luas dari itu.

Komunitas Harmoni Jakarta (KHJ), mempunyai kegiatan yang sifatnya sosial, terutama yang mengedepan kebersamaan, gotong royong diantara unsur masyarakat, hal ini dilandasi oleh harmonisasi kehidupan warga jakarta yang mulai terkikis dengan beragam problem sosial yang muncul di tengah tengah masyarakat. Tawuran antar warga, sikap individualis serta pudarnya sikap toleransi terhadap perbedaan.

Salah satu contoh kegiatan yang dilakukan oleh KHJ adalah dengan mengadakan festival harmoni di kawasan pejaten timur jakarta selatan, yang dilaksanakan pada tanggal 12 oktober 2013 yang lalu.

Dilaksanakan di kebun jaksa kelurahan pejaten timur Jakarta selatan, festival harmoni menghadirkan tiga macam lomba yaitu lomba mewarnai untuk anak, lomba masak untuk ibu-ibu dan lomba mancing ikan untuk para bapak.

Antusias warga terlihat dengan kehadiran mereka sejak pagi hari, disaat panitia masih melakukan persiapan, ada tujuh kelompok ibu-ibu yang melakukan persiapan lomba masak, empat puluh orang siswa sekolah dasar bersiap mengikuti lomba mewarnai dan dua puluh tiga orang bapak-bapak bersiap dikolam mancing.

Festival harmoni ini terasa meriah dengan penampilan BENNOXY yang membawakan lagu yang penuh semangat untuk menghibur masyarakat yang hadir, apalagi dengan kehadiran ibu Rifkoh Abriani salah satu anggota DPRD DKI Jakarta komisi E sekaligus sebagai pengasuh dari komunitas harmoni Jakarta.

Ibu Rifkoh hadir sebagai bagian dari komunitas harmoni Jakarta, berbaur dengan masyarakat sekitar, berbicang dengan ibu-ibu yang mengikuti lomba masak, melihat anak mewarnai, ikut goyang cesar dengan anak-anak dan ibu-ibu.

Ibu Rifkoh juga berkesempatan melihat sekaligus memberikan hadiah pada lomba memancing di kolam pemancingan milik bang H Marta, setelah berbincang-bincang dengan bang H Marta yang juga merupakan tokoh masyarakat di kecamatan pasar minggu, ibu Rifkoh pun sempat mencoba memancing ikan bareng dengan para peserta, dan saat akan pulang ibu Rifkoh di beri oleh-oleh berupa ikan bawal dan ikan mas hasil mancing para peserta.

kegiatan Festival Harmoni Pejaten Timur ini akhirnya di tutup pada jam 13.00 dengan acara makan bersama warga pejaten timur, setelah semua hasil masakan di nilai maka semua hasil masakan ibu-ibu tersebut dihidangkan untuk bersama-sama di nikmati sebagai makan siang warga.

Kegiatan seperti inilah yang diharapkan oleh komunitas harmoni jakarta, dalam tujuannya untuk membantu menciptakan keharmonian di jakarta, kegiatan berbasis masyarakat seperti ini dengan melibatkan masyarakat secara aktif diharapkan dapat memunculkan gerakan sosial yang nyata di kota jakarta.

Maju terus Komunitas Harmoni Jakarta.

[Berikut dokumentasi kegiatan Komunitas Harmoni Jakarta]






PKS Kudus

About PKS Kudus -

Humas DPD PKS Kab Kudus

Subscribe to this Blog via Email :