KLIK - DetailMasjid Menara merupakan tempat ibadah yang sangat terkenal di Pulau Jawa. Masjid ini terletak di kampung Kauman, Kudus (Jateng). Di kalangan masyarakat yang menyukai wisata ziarah ke makam Wali Songo, Masjid Menara menjadi salah satu tujuan beribadah. Di sini, masyarakat bisa sejenak melepas lelah setelah ziarah ke makam Sunan Kudus, salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa.
Makam Sunan Kudus terletak di sebelah barat Masjid Menara. Sesuai keterangan yang tertulis di mighrab atau tempat pengimanan, Masjid Menara Kudus didirikan oleh Ja’far Shadiq atau Sunan Kudus tahun 956 H atau 1549 M.
Sesuai dengan namanya, masjid ini memiliki menara setinggi kurang lebih 17 meter yang terletak di depan samping kanan masjid. Di ruangan atas menara terdapat bedug yang selalu ditabuh saat salat lima waktu tiba.

KLIK - DetailMasjid Menara Kudus memiliki dua buah gapura kori agung atau pintu kembar yang berbentuk unik seperti candi khas kerajaan Hindu. Pintu yang terletak di dalam masjid lebih kecil ketimbang yang di serambi.
Memasuki Ramadhan 1423 H, Masjid Menara Kudus sepi dari kunjungan para peziarah. Juga sepi dari kaum peminta-minta yang biasanya mencegat di lorong masuk menuju makam sembari menggendong anak bayi. Pedagang perlengkapan salat, busana muslim, kurma, dan jenang Kudus pun tak lagi kebanjiran pembeli seperti hari-hari biasanya.
KLIK - DetailKendati demikian, tempat suci ini masih dikunjungi umat Islam yang berasal dari dari berbagai kota. Ada rasa damai dan sejuk saat memasuki masjid. Terlebih saat mendengar sayup-sayup beberapa kaum muslim membacakan ayat-ayat suci Al Quran. Kekhusyukan Ramadhan juga terasa, setiap kali melihat orang yang datang langsung melakukan salat sunah dan kemudian berzikir. Rasa haus dan dahaga pun sirna.
Usai bedug ditabuh dan azan dikumandangkan, kaum muslimin dan muslimat yang tinggal di sekitar masjid berdatangan untuk melakukan salat berjamaah. Setelah itu, sembari menunggu saat berbuka tiba, ada yang langsung merebahkan diri di lantai. Mereka lelap tertidur. Mungkin karena kelelahan setelah melakukan perjalanan jauh dari kota asalnya. Ada pula yang sekadar tidur-tiduran dan diskusi.
Berikut suasana Ramadhan di Masjid Menara Kudus yang direkam kamera NOVA, Senin, (11/11).
KLIK - Detail KLIK - Detail KLIK - Detail
KLIK - Detail KLIK - Detail KLIK - Detail



.