• 1. Pada pemilu 2014, PKS merubah tagline mereka dari bersih, peduli & profesional menjadi cinta, kerja & harmony
  • 2. Setiap kali kita membicarakan sesuatu, maka kita harus mengawalinya dari sebuah definisi agar terarah. Dalam hal ini definisi slogan
  • 3. Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yg menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan #tujuan (ringkas KBBI)
  • 4. Bersih peduli & profesional sebenarnya sangat bagus sbg slogan karena kalimat tersebut sangat mudah diingat sebagai tujuan sebuah parpol
  • 5. Permasalahan yg timbul adalah apabila karena kurang pahamnya pengertian slogan sehingga sebuah selogan kita artikan sebagai sebuah klaim
  • 6. Perlu ditekankan bahwa slogan adalah tujuan ringkas sebuah pergerakan. Maka salah jika ada yg beranggapan slogan sebagi sebuah pengakuan
  • 7. Kesalahan cara memahami pengertian ini berimplikasi sangat fatal jika dianggap sebagai klaim. Contohnya kata bersih peduli profesional
  • 8. Kesimpulan salah dr publik yg menganggap PKS nggak sesuai dengan slogannya saat ada kasus korupsi menimpa PKS. Ujungnya ngatain munafik
  • 9. Lain halnya jika slogan dimaknai secara benar sebagai tujuan, jika terjadi paradoks antara slogan dengan fakta-
  • 10. maka tujuan yang terangkum dalam slogan tersebut hanya dimaknai sebagai sebuah kegagagalan. Dengan begitu kata munafik nggak akan muncul
  • 11. Jika sebuah tujuan / target belum benar-benar tercapai, maka bukan berarti gagal. Hanya memerlukan proses & kesempatan lebih lama lagi
  • 12. Selanjutnya, slogan sangat berpengaruh thd psikologis setiap unsur yg terikat dalam slogan tsb dan berfungsi sebagai alert/early warning
  • 13. Diharapkan dgn sebuah slogan maka unsur individu yg terikat di dalamnya mampu merekamnya sebagai sebuah mind set untuk diaplikasikan
  • 14. Jika anda nggak sesuai dengan slogan, maka anda sebenarnya sedang menggagalkan rencana besar. itu pesan singkat sebuah slogan
  • 15. Cinta kerja & harmony. Efektifkah sebagai sebuah tagline baru untuk mendulang simpati atau mengembalikan kepercayaan publik?
  • 16. 3 kata tersebut terlalu umum, normatif bahkan jauh dari nuansa politik yang selama ini ditaburi dengan berbagai slogan luhur & muluk
  • 17. Mungkin karena Anis Matta prnh brpesan bhw PKS akan merubah kesan politik sebagai sesuatu yg menyeramkan mnjadi sesuatu yg menyenangkan
  • 18. Tapi kalo dilihat dari perspektif marketing, justru kata yang familiar ini menjadi senjata simple yang akan membuat PKS makin berbeda
  • 19. Bahkan Rooser reeves telah sejak lama memperkenalkan Unique selling proposition sebagai sarat utama efektifnya sebuah iklan yaitu unik.
  • 20. PKS dengan tagline baru-nya adlh sebuah strategi cakep yg menonjol karena sebuah simplicity, nggak neko-neko tapi punya makna yg kuat
  • 21. Kata "cinta" adalah salah satu kata paling populer di dalam dunia seni & kehidupan nyata yang identik dengan keindahan & pengorbanan
  • 22. Kata cinta akan berimplikasi positif pd kata kedua yaitu kerja. Atas nama cinta seseorang bs memberikan sebuah totalitas dalam bekerja
  • 23. Karena cinta pula akan lahir sebuah harmoni dari keberagaman Indonesia baik suku, ras atau berbagai perbedaan Ideologi dan pandangan
  • 24. Rakyat udah bosen dengan janji muluk politisi yg menghasilkan sebuah kekecewaan. Rakyat hanya butuh kata sederhana yang bisa dibuktikan
  • 25. Dengan cinta semoga PKS mampu menata ulang tujuannya sehingga bisa bekerja dengan sebuah totalitas untuk mewujudkan Indonesia yg harmony
    SUMBER : http://chirpstory.com/li/68147